Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Monday 20 October 2014

Choco Pot Essen Cafe

Udah pernah ke Essen? Itu lhoh Toko Roti dan kue yang ada di Jalan Gedong kuning, gak jauh kok dari PLN Gedong kuning, agak ke utara dikit. Kalo dulu sih Essen cuma jualan roti ama kue doang, pun tempatnya masih kecil.. Toko Kue Essen yang lama ada di seberang tokonya yang sekarang. Emang lumayan laris sih, tiap kali ke sana pasti ada aja yang beli.. lumayan murah dan rasanya enak juga sih.. jadi yaa wajar aja kalo usahanya terus berkembang jadi toko roti yang segede sekarang.

Wow!!

Tunggu, sekarang malah di lantai 2 ada cafe juga lhoh.. udah agak lama sih, cuma baru nyobain ke sana beberapa hari yang lalu. Menu yang ngehitz abiss di cafenya Essen tuh choco pot. Menu ini juga yang sempet bikin aku ngiler dan penasaran banget. Udah sering ada yang ngomongin choco pot, tapi dulu masih biasa aja, belom se penasaran sekarang. Puncak rasa penasaranku itu waktu salah satu temenku,  DP BBM nya teko dari tanah liat gitu, lengkap dengan kompor tanah liatnya juga. Yaa sebenernya biasa aja juga sih, cuma pas itu tanggal tuak kan yaa.. jadi rada sebel, pengen banget nyobain, tapi harus hemat. Ternyata aku salah besar! Harga minuman dan makanan di Essen itu ramah untuk dompet, gak perlu nunggu tangal muda deh.. Seriusan!! Gak percaya? Cobain deh.. Cuma belasan ribu rupiah kok..

Oke, karna aku udah pernah nyobain, jadi aku mau cerita tentang minuman dan makanan yang aku coba yaa.. cekedoooottttt....

1. Choco Pot Single
Choco Pot Single Sebelum Pake Cokelat Bar

Yapp, berhubung menu ini (sepertinya) jadi andalannya Essen, jadi menu ini yang bakal pertama aku ceritain. Kenapa namanya choco pot? Gak ngerti juga sih, tapi mungkin karena minuman ini disajiin pake gelas yang dari tanah liat. Kalik gitu yaa? Anggap aja gitu dehh.. Pas disajiin, warnanya emang putih gitu soalnya ternyata itu isinya susu murni. Cokelatnya dalam bentuk bar, ada 3 bar. Disediain gula ama roti kering semacam bagelen gitu, kayaknya sih buat dicocol ke cokelatnya. Sayangnya roti keringnya manis, aku kurang suka sih, enggak aku makan deh..  

Seru minum choco pot. Kenapa cobak? Soalnya kita ngracik sendiri. Jadi ntar kita masukin sendiri itu cokelatnya ke susu murni. Disajiinnya lengkap sama anglo kecil gitu, tapi api nya dari lilin kecil. Makanya minumannya bisa tetep anget. Setelah masukin cokelat bar ke susu, jangan lupa ditutup dulu gelasnya, biar cokelatnya meleleh sempurna. Cokelatnya agak pahit sih, jadi bisa ditambah gula kalo emang pengen agak manis. Setelah cokelatya meleleh sempurna, penampakannya jadi kayak gini...

Choco Pot Single Setelah Pake Cokelat Bar

Cokelatnya udah meleleh sempurna, udah nyampur, jadinya warnanya cokelat. Di bagian atasnya kayak berminyak gitu kan? Iya, soalnya pake susu murni. Ntar semacam ada langitannya. Enak sih, tapi kalo yang bermasalah sama susu murni yaa.. ntar perutnya jadi kruwel-kruwel gak jelas.. Bisa jadi solusi, bagi yang pengen nongkrong tapi lagi pengen hemat. Murah kok choco pot nya, cuma Rp 12.000,00 aja.


2. Nasi Bakmoy Ayam

Nasi Bakmoy

Udah pada ngerti kan bakmoy apaan? Itu lho, semacam sup isinya potongan ayam, potongan tahu, terus adaa yang dikasih udang, telur, macem-macem deh.. Nah yang kemaren aku makan itu nasi bakmoy biasa, jadi isiannya cuma ayam sama tahu. Makannya pake nasi gitu, jadi pas penyajiannya di dalam mangkok udah ada nasi terus disiram kuah bakmoy sama dikasih isiannya, diatasnya ditaburi daun seledri. Masih dikasih pelengkap kerupuk, terus sambelnya pake sambel kecap. Segeerrrrr deh rasanya! Tapi yang aku rasain kemaren agak sedikit keasinan dan ebinya berasa banget. Aku sih emang suka makanan yang asin yaa, tapi aku rasa kalo untuk orang yang berlidah nomal, itu akan kerasa asin banget. Semangkok nasi bakmoy bisa kamu nikmatin dengan harga 
Rp 10.000,00 aja..

3. Ayam Goreng Keriting


Ayam Goreng Keriting

Pas ngliat menu, pengen pesen ini. Tapi males, karna aku pikir bakal dikit isinya. Jadilah temenku yang pesen ayam goreng keriting. Menu ini bisa dimakan sebagai cemilan atau sebagai lauk. Kalo pengen makan pake nasi, juga ada kok nasi putihnya. Jadi ayam goreng keriting tuh ayam fillet yang digoreng pake tepung crispy. Agak tebel sih tepungnya, sedangkan ayamnya itu ada yang motongnya gede ada yang motongnya tipis. Tapi yaa dengan harga segitu dan porsi segitu banyak yaa wajar sih kalo ayamnya tipis. Ayam goreng keritingnya disajiin pake keranjang, dikasih piring kecil gitu buat tempat saos. Aku bilang sih rasanya enak yaa, nagih gitu. Mulutnya jadi gak pengen berhenti, maunya ngunyah terus. Enaknya sih makan sambil dicocol pake saos. Karna aku kurang suka dengan makanan manis, ayam goreng keriting ini cocok banget buat temen minum chocopot. Jadi enggak eneg, manis ketemu manis.. Harga seporsi Ayam Goreng Keriting di Essen Cafe harganya 
Rp 16.000,00. Enggak termasuk nasi yaa, nasi bisa dipesen terpisah, hehe

4. Pancake Tiramisu

Pancake Tiramisu

Menu ini pesenan temenku, pancake tiramisu. Pancake dua lapis, di atasnya dikasih topping cream sama ice cream gitu. Aku gak ngerti taburannya apa, mungkin cokelat bubuk yaa.. Pancakenya enak, cream nya enggak bikin eneg. Tapi untuk ukuran pancake, menurutku itu agak ketipisan deh.. Coba agak tebelan dikit, pasti lebih cucoookkkk.. Aku gak begitu nyicip yang ini, sibuk makan yang lain hehe.. Harganya masih kisaran belasan rupiah, kalo gak salah harganya Rp 14.000,00.. Enggak aku bold deh, abisan masih ragu sih, hehe..

Essen Cafe, tempatnya asyik dan nyaman buat ngobrol.. Desain interiornya Jawa gitu, jadi kayak di rumah gitu, nyaman buat ngobrol sama temen-temen.. Makanannya murah, gak ada tax nya, dan lumayan enak rasanya. Kalo pengen roti, tinggal beli aja di bawah. Ini bisa banget jadi tempat nongkrong pas lagi tanggal tua dan lagi pengen hemat, hehe..


Ini penampakan beberapa makanan yang udah dieditin sama temenku, namanya Tika, UII Arsitektur, hehe..













Oke, sekian dulu yaa.. Maaf kalo masih rada ngambang.. Lagi belajar nulis review makanan, hehe..

Wassalam..

0 komentar:

Post a Comment