Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Wednesday 2 December 2015

Nyicip jajanan Korea di MUSIRO KOREAN FOOD

Alhamdulillaahhh.. Jogja udah mulai diguyur hujan..

Di luar hujan lumayan deras, posting cerita tentang makanan korea seru kalik yaaa. hehe.. Sebenernya aku bukan penggemar K-POP atau drama seri Korea, aku terbawa arus 2 orang temanku yang kebetulan suka sama K-Pop, drama seri Korea, termasuk makanan Korea. 

Pertama kali nyicip makanan Korea itu pas  diajakin ke Michigo, sempet nanya berkali-kali "ada yang bisa aku makan gak?" Bukan gimana-gimana sih, aku kan gak begitu doyan sayuran, dan aku taunya makanan korea itu identik dengan sayuran. Tapi aku melupakan bulgogi, hahaha.. Iya, waktu di Michigo  akhirnya aku makan bulgogi sama ada korean soup nya. Korean soup nya hampir mirip sup jagung. Enaaakkkk... Sayang sekali, semua gerai Michigo sekarang udah tutup. Sekarang Michigo hanya melayani pemesanan makanan dengan cara online lewat Makan Diantar.. seddiiiihhhh :(

Nah, searching tempat yang jual makanan Korea lainnya di mana, akhirnya ketemu Musiro Korean Food. Sebenernya ini udah lumayan lama sih bukanya, dulu ada di Jalan Gejayan, nyempil di antara deretan butik-butik. Kalo yang sekarang ada di Jalan Alamanda, seberangan sama Bowl Ling. Udah lama buka, tapi baru nyobain sekarang, yaa karna itu tadi, dulu males nyoba takut gak doyan, hehehe..


Menu Musiro Korean Food
Menu Musiro Korean Food
Menu Musiro Korean Food
Menu Musiro Korean Food
Jadi itu daftar menu yang ada di Musiro. Nah, nyenengin nih kalo daftar menu gak cuma tulisan doang, tapi ada gambar makanannya. Minimal kita jadi tau lah visual dari makanan yang kita pesen bakal kayak apa. Sering kan terjadi, lupa nama makanannya tapi inget bentuk dan rasanya.. hihihi

Oke, langsung ke menu yang kita pesen aja yaa..

1. Dak Gangjung 15k


Dak Gangjung
Cukup lama bolak-balik menu, pilih makanan yang kira-kira "bisa" aku makan. Tapi kebetulan sebelum ke Musiro, sempet baca-baca review orang, nemu lah menu ini, jadi yaa udah nyobain aja deh Dak Gang Jung. Apa itu Dak Gangjung? Ayam yang digoreng crispy, dimasak dengan saus a-la korea, rasanya pedes, kemudian atasnya ditabur kacang sangrai. Aku makan Dak Gang Jung pake Gong Gi Bab (nasi).


Dak Gangjung + Gong Gi Bab
Seperti yang udah aku ceritain sebelumnya, Dak Gangjung itu ayam yang digoreng crispy kemudian dimasak dengan saus a-la korea, dikasih topping kacang yang udah disangrai. Rasanya pedes agak manis, bener kata orang-orang yang pernah review Musiro, jadi rasanya udah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Ayamnya masih crispy, jadi pas kita makan ada sensasi "kriuukkk". Untung aku pesen nasi, soalnya ternyata aku gak begitu suka kalo Dak Gangjung nya aku makan gitu aja. Entahlah, lama-lama aku eneg aja. Tapi kalo dimakan pake nasi, rasanya jadi balance sih.. 

2. Bibimbab 25k


Bibimbab + sup
Ini menu pesenan temenku yang entah dari kapan udah ngidam paraaaahhhhh sama bibimbab. Bibimbab itu nasi sayur lah intinya. Nasi yang atasnya dikasih sayuran yang ditata rapi gitu. Sayurannya ada bayam, tauge, wortel, jamur (kalo gak salah namanya enoki), irisan telor, sama daging cincang, trus dikasih saus a-la korea plus ditaburin wijen. Kalo mau makan diaduk dulu biar sausnya tercampur rata. Oiya, bibimbab ada menu pendampingnya, sup. Sup nya simple banget, isinya nori. Tapi aku kurang suka sama rasa sup nya.. Rasa nori nya kenceng banget. Kalo rasa bibimbab nya lumayan enak..

Betewe, aku pernah liat bibimbab yang pake telor mentah. Tapi ini yang di Musiro bibimbabnya gak pake telor mentah kayak yang di film-film korea (ceilah, kayak ngerti aja yay). Kalo yang pake telor mentah itu biasanya penyajian di atas hot plate. Nah, mungkin karena yang di Musiro disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, jadi penyajiannya pake telor mateng, pun pake mangkok biasa juga kan.. Bukan hot plate..


3. Tokpoki 22k


Tokpoki
Tokpoki ini jajanan yang biasa ada di pinggir jalan Korea.. Jajanan khas Korea gitu lah.. Nah, tokpoki punya nama beken kue beras, soalnya bahannya emang dari tepung beras. Tokpoki bentuknya lonjong-lonjong, disajikan dengan saus pedas a-la korea. Tekstur tokpoki kenyal, iyaa mirip cilok kalo kata aku, hehehe.. 

Sebelumnya aku udah pernah nyobain tokpoki. Tapi rasanya cukup beda sama yang di Musiro. Aku belom pernah nyicipin tokpoki yang asli Korea kayak gimana sih, jadi belom ngerti juga harusnya tokpoki itu rasanya kayak apa. Yang di Musiro kemaren nih tokpoki nya beda, rasanya agak gimaannnaaaa gitu. Kalo sausnya lumayan pedes. Nah, kalo di lidahku tokpoki nya kurang balance rasanya, kalo Bahasa Jawa nya sih cemplang.


4. Kimchi 5k


Kimchi
Kimchi adalah sayuran yang difermentasi secara sederhana, kemudian diberi bumbu pedas. Mirip asinan sayuran lah, tapi kalo Kimchi ini rasanya pedas. Kimchi termasuk salah satu makanan tradisional dari Korea. Kimchi ini kayaknya kalo di Indonesia fungsinya hampir sama kayak acar. Jadi menu pelengkap beberapa makanan gitu..

Kimchi di Musiro warnanya gak terlalu merah, kayaknya home made deh, bukan beli kimchi yang udah jadi di supermarket. Oiya, sayuran yang dipake sawi putih. Rasanya pedes asem gituuu..

Itu dulu yaa gais cerita pengembaraan lidahku di salah satu tempat makan Korea di Jogja. Mungkin Musiro ini cocok bagi yang pengen nyobain makanan Korea yang sudah disesuaikan dengan cita rasa Indonesia, tentunya dengan harga terjangkau.. Maap yaa, lidahku belom begitu familiar dengan bumbu a-la Korea kayaknya, hehehe.. Butuh sering-sering diasah, hehe

Makasih,,

Sekian,,

W A S S A L A M , ,

0 komentar:

Post a Comment