Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Saturday 14 November 2015

Ngobrol seru di Cangkir Enam Bintaran


fotonya dari @ cangkirenam




Halloooooo blog ku yang mulai berdebu....

Bentar, mau bebersih dulu biar nyaman buat disinggahi, hahaha

Duh, mayan lama juga yaa gak nge-post apapun di sini. Hampir setahunan lhoh, gak kerasa yaa.. Beberapa minggu pas lagi buka email, ada 1 comment di blog aku. Iya, 1 orang doang. Tapi aku seneng, artinya ada yang mampir dan baca tulisanku. Pas iseng liat grafik, tambah kaget lagi. Ada 1.200an kali blog ku dikunjungi orang. ASLI!!! Bahagia banget rasanya. Soalnya waktu terakhir ngeblog, yang ngunjungi blogku baru 100an.. Iya, rada lebhay emang. Tapi buat aku yang masih newbie, cukup banget nambah semangat aku buat terus nulis dan cerita di sini. Buat yang udah mampir ke sini, makasih banyak yaa...


Oke, setelah sekian lama gak nge-post, kali ini aku bakal cerita tentang sebuah cafe di jogja bagian selatan. Namanya Cangkir Enam. Alamat lengkapnya ada di Jl. Bintaran Tengah No.16, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151. Gampang kok nyari tempatnya, kalo dari jalan Sultan Agung, ini ada di sebelah barat Pakualaman. Jadi kalo dari Pakualaman, ke barat aja, ntar ada jalan ke selatan (Apotek Sutji) belok yaa.. Trus lurus aja, tempatnya ada di kanan jalan. Berseberangan sama Museum Jenderal Sudirman. Kalo udah pernah ke Murni toko roti, nah ini cafe ada di sebelah utaranya Murni..

Tempatnya asyik banget, jawa banget. Kesan hangatnya dapet. Pas pertama kali ke sini, berasa kayak lagi di rumah simbah (eyang). Cocok buat yang pengen melepas rindu bersama keluarga, kerabat, atau temen-temen. Asyik buat ngobrol. Kebetulan udah tiga kali ke sini, tiap ke sini kok yaa selalu pas sesi curhat, hahaha.. Emang nyaman banget sih buat cerita ngalor ngidul, hehehe..

fotonya dapet dari @ cangkirenam
Itu Cangkir Enam kalo pas siang hari. Aku 3 kali ke sana, semuanya malem terus, hehe..

Cangkir Enam dari depan

Joglo-nya Cangkir Enam

Jadi, Cangkir Enam itu bentuknya joglo. Hangat kan suasananya? Pas masuk kita disambut sepasang patung manten, hehehe.. Jogja bangets~~

Bagian depan Cangkir Enam
Salah satu sudut Cangkir Enam
Sudut lain di Cangkir Enam
Oke baiklah, sekarang aku cerita menu makanan di Cangkir Enam Bintaran yaa.. Baru sadar, 3 kali ke sini kok yaa ternyata pesen menu yang sama, BAKMI JAWA, hahaha.. Abisan enak sih, porsinya banyak, dan disajikan di atas wajan dari tanah liat yang dilapisi daun pisang. Unik kan?

Eh, bentar deh.. Ngomong-ngomong tentang bakmi jawa, jadi inget suatu kisah, halah! Dulu pas pertama kali ke sini, niatnya cuma pengen ngemil sambil nge-teh. Kayaknya aku makan macaroni schotel deh. Tapi masih laper kan, kepengen bakmi jawa. Terus aku dan kedua temenku berunding, mau pesen bakmi godhog apa bakmi rebus? Sadar ada yang salah dengan kalimat barusan gak? HAHAHA. Iya, pas berunding pun kita ketawa ngakak karna sadar bakmi godhog dan rebus itu sama. Harusnya kalimatnya "mau pesen bakmi goreng apa godhog?". Kelar menertawakan kebodohan kami, akhirnya pilihan udah kami tentukan. Lupa waktu itu akhirnya pesen yang mana, anggap aja bakmi goreng yaa. Kami panggil dong mamas waitressnya, kita bilang mau pesen bakmi jawa. Abis itu mamasnya nanya "bakminya godhog apa rebus?" YAA JELAS KITA LANGSUNG KETAWA NGAKAK DONG YAA!!! Hahahahaha.. Ketauan banget mamasnya nguping obrolan kita nih, hahahaha.. Lucu gak? Oh Garing yaa? Oke, lanjut ke menu deh..


1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan 15k
Iya, seperti tempe mendoan pada umumnya, tempe mendoan itu tempe yang dibalur tepung yang ada irisan daun bawangnya terus digoreng. Gorengnya masih agak basah, yaa namanya juga mendoan kan yaa. Tapi aku suka yang agak garing sih jujur aja, hehehe.. Disajiin dengan cabe rawit dan cocolannya ada sambel kecap. Enak.. Apalagi pas dicocol sambel kecap. Tempenya lumayan tebel. Kalo dibanding dengan mendoan yang dijual di pinggir jalan, emang lebih mahal sih.. Yaiyalah, haha.. Tapi terbayar kok dengan tempat yang nyaman..

2. Kentang Goreng

Kentang Goreng 15k
Biasanya kentang goreng disajiin di atas piring kan? Ini unik, disajiin di atas wajan kecil dari tanah liat yang dilapisi daun pisang. Disajiin dengan saos sambel dan tomat sebagai cocolan. Rasanya yaa kayak kentang goreng pada umumnya sih.. Tapi kalo dimakan kentangnya doang, rada hambar sih.. Kayaknya emang harus dicocol dengan saosnya baru endeussss~~

3. Bakmi Goreng

Bakmi Goreng 25k
Seperti yang aku ceritain di atas, bakminya disajiin di atas wajan dari tanah liat yang dilapisi daun pisang. Bakmi jawa gak sendirian, ditemenin kerupuk, acar timun, dan potongan timun plus tomat biar cantik. Rasa gurihnya pas. Manisnya juga pas, gak berlebihan jadi gak eneg. Mie-nya pake mie kuning basah, jadi berasa banget atmosfer bakmi jawanya #yasseekkk... Telor dan ayamnya gak pelit, suwiran ayamnya lumayan gede dan banyak. Seperti bakmi jawa lainnya, bakmi jawa di Cangkir Enam juga dilengkapi kobis dan daun bawang. Bakminya dimakan pake acar dan potongan cabe rawit tambah enak deh.. Sayangnya kerupuknya mlempem. Jadi alot gituuu.. Kalo ke sini pas laper, jangan sungkan buat pesen menu ini, porsinya lumayan banyak, mengenyangkan kok..

4. Bakmi Godhog

Bakmi Godhog 25k
Bakmi godhognya keliatan dikit yaa? Padahal aslinya banyak.. Sama kayak bakmi goreng, bakmi godhog juga disajiin di atas wajan dari tanah liat. Bedanya, kalo untuk Bakmi Godhog, acar timun, cabe rawit dan kerupuk disajikan terpisah biar gak basah kena kuah.

Acar Timun dan Cabe Lalapan
Kerupuk
Bakmi Godhog, kerupuk, acar, cabe
Ini bakmi godhognya aku pesen yang pedes, jadi ada irisan cabe rawit merahnya. Kalo masih kurang pedes, bisa ditambahin cabe lalapan.. Sama kayak bakmi goreng, bakmi godhog juga berbahan dasar mie kuning basah. Dimasak dengan kuah kaldu, ditambah potongan kobis, daun bawang, telor dan suwiran ayam. Kuahnya bening dan gak terlalu berminyak. Berhubung aku suka asin, kemaren bakmi yang aku pesen ini agak kurang asin dikit, jadi perlu aku tambah garam, dikit aja kok. Gurihnya dapet. Kuahnya seger deh.. Ditambah acar makin sedaaapppppp.. Lagi-lagi yang patut disayangkan adalah kerupuknya yang udah mlempem.. Tapi yaa tetep aku makan sih walau rada alot, hehe..

Nah, itu dia ceritaku tentang Cangkir Enam.. Mampir deh, tempatnya seru kok buat ngobrol.. Bisa buat alternatif kalo pengen ngumpul sama keluarga, kerabat, atau temen. Jangan takut keabisan tempat duduk. Lumayan banyak kok kursinya, pun luas juga tempatnya. Dibagian dalam masih ada tempat duduk juga. Dekorasinya juga cantik, payung digantung di langit-langit. So, tunggu apa lagi? hehehehe...

W A S S A L A M . . .

0 komentar:

Post a Comment