Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Saturday 22 November 2014

Nge-bakmi di Bakmi Jawa Mbah Gito

Sepakat gak kalo bakmi jawa itu salah satu makanan yang cocok dimakan pas lagi musim hujan dengan cuaca dingin-dingin gini?

Sepakat dong yaa..

Karna yang bakal aku ceritain kali ini adalah pengembaraan lidahku di salah satu warung bakmi jawa lumayan terkenal di Jogja, Bakmi Jawa Bu Gito. Letaknya rada nyempil, tapi lumayan rame. Bagi yang belom tau, Bakmi Jawa Bu Gito ini ada di daerah Rejowinangun. Oke, pake patokan XT Square yaa.. Kalo dari XT Square lurus aja ke timur sampe nemu perempatan Warungboto, masih lurus ke timur ke arah Gembiraloka atau Gedongkuning. Lurus aja nyampe nemu tikungan ke kiri, tapi ambil yang lurus yaa.. Semacam jalan kampung kecil tapi udah di aspal. Nah, Warung Bakminya ada di pojok kiri, seberangan sama makam. Warung Bakmi ini buka dari jam 10 pagi sampe jam 11 malem.

Warung bakmi Bu Gito emang rada beda dari warung bakmi yang lain. Pertama, biasanya warung bakmi buka dari sore sampe malem, sedangkan warung bakmi Bu Gito buka dari pagi sampe hampir tengah malam. Gak perlu pusing kalo tiba-tiba pengen makan bakmi jawa di siang hari. Kedua, biasanya warung bakmi jawa berupa kaki lima, kecil dan seadanya sedangkan warung bakmi jawa Bu Gito menawarkan tempat makan yang nyaman dengan desain rumah Jawa yang hangat. Ketiga, karyawan di warung bakmi Bu Gito menggunakan kain lurik sebagai seragam, jadi semakin mempertegas kesan Jawa-nya.

Malam itu warung bakmi jawa Bu Gito terbilang cukup ramai, meskipun tidak sepadat waktu liburan. Kami memutuskan untuk duduk lesehan di depan tempat masak. Biar bisa liat masaknya, hehe.. Begitu kami duduk, sudah ada mbak-mbak cantik dengan baju lurik, menyapa kami dengan bahasa jawa krama alus. Seneng sih, tap rada canggung juga. Malu, aku nih orang jawa tapi bahasa jawa krama alusnya payah, hehe.. Jadilah kami jawab dengan bahasa jawa krama sebisanya.

suasana warung bakmi jawa Bu Gito

suasana warung bakmi jawa Bu Gito

tamu berdatangan untuk menyantap bakmi jawa Bu Gito

suasana dapur warung bakmi Bu Gito

Namanya juga warung bakmi jawa, yaa menu utamanya Bakmi Jawa, ada yang godhog dan goreng. Ada menu special dan biasa, yang special itu porsi ayamnya lebih banyak. Harganya sekitar 20ribuan untuk yang special, kalo yang biasa sekitar 15 ribuan. Kita juga bisa minta mau mie kuning aja, mie putih aja atau campur. Aku memutuskan untuk pesan mie godhog campur sedangkan temenku mie kuning goreng. Untuk minuman, kami pesan teh anget biasa, harganya 4 ribuan. Di sana juga tersedia teh poci dan minuman lainnya. Sebenernya daftar menu ditulis di papan tulis deket kasir, tapi karna lagi gak pake kacamata dan duduknya rada jauh, mata jadi burem. Lupa pula mau foto daftar menunya. Datang sendiri aja lah yaa, cobain bakminya.. hehe

Gak perlu nunggu lama, sekitar 15 menitan pesanan kami datang. Terbilang cepet yaa, biasanya kalo beli bakmi jawa itu nunggu masaknya lama karna harus dimasak satu per satu pake anglo. Untunglah, di bakmi jawa Bu Gito ni yang masak gak cuma satu, jadi walaupun bakmi jawanya dimasak satu per satu, tetep bisa cepet.

bakmi kuning goreng(15k)

Ini pesenan temen aku, bakmi goreng tapi bakminya kuning aja. Bakminya pake mie kuning basah, bukan mie kering. Rasanya lebih enak pake mie kuning basah daripada mie kering, lebih berasa bakmi jawanya. Soalnya pernah beberapa kali makan bakmi jawa, tapi pakenya mie kering instant. Walaupun rasanya enak, kalo pake mie kering rasa otentik bakmi jawanya jadi berkurang. 

Bakmi gorengnya termasuk yang kering, enggak banyak minyak yang ngendap di bawah. Jadi kalo kata chef-chef sih, masaknya bagus. Mie nya enggak nyampe ngembang yang gedhe-gedhe gitu. Telor bebeknya gurih, enggak amis. Potongan ayamnya gede-gede, hehe.. Ditaburi daun seledri sama bawang goreng, bikin bakminya jadi makin wangi.

Sebenernya bakmi gorengnya enak, tapi rasa manis kecapnya lumayan kuat. Karna aku gak begitu suka yang manis, jadi kurang suka dengan mie goreng yang terlalu manis. Tenang aja, masih bisa disiasati dengan potongan cabe dan acar timun kok. Di meja udah disipain cabe ijo lalapan buat temen makan bakmi. Jadi rasa pedes dan asam dari cabe dan acar bisa nyeimbangin rasa manis dari bakmi gorengnya. Mungkin kalo ke sini lagi, dan pas pesen bakmi goreng, aku minta porsi kecapnya dikurangi, hehe..

bakmi godhog campur (15k)

Aku pesen bakmi godhog campur, mie kuning dan putih, biar bisa merasakan 2 tekstur mie yang berbeda, hehe.. Yang pertama aku cicip adalah kuahnya, cukup gurih. Bumbunya cukup kerasa. Standard bakmi jawa ya seperti itu. Maksudnya, ketika makan bakmi godhog kita akan menemukan rasa yang kayak gitu lah biasanya. Awal-awal makan, rasanya sedikit flat, kurang asin dikiiiitttt lagi. Mungkin buat orang lain ini pas, tapi karna aku suka asin, jadi ini kurang asin dikit lagi, hehe.. Makanya aku tambahin potongan cabe biar makin enak. Setelah dikasi cabe, rasa bumbunya semakin keluar, makin gurih pedes gitu. Bakminya enggak mblegodrok, enggak ngembang. Tetep cantik bakminya.

Oiya, kuahnya bening mungkin karna telor bebeknya diceplok, jadi telor sama kuahnya misah, enggak nyampur jadi kental. Enak sih, jadi kuahnya enggak amis. Dan, ketika aku makan telornya, terjawab sudah pertanyaanku, kenapa rasa bakminya flat, kurang asin. Garamnya ngumpul di telor, kurang ngresap di kuahnya. Jadilah si kuah rasanya flat, tapi si telor asin. Tapi lama-lama rasa gurihnya keluar kok kalo dikasi cabe. Kalo pengen rada seger bisa dikasih acar timun.

Oke, mungkin segini dulu yaa cerita aku. Kalo pengen makan bakmi jawa dengan suasana yang asyik, desain rumah adat jawa yang hangat, dateng aja ke Bakmi Jawa Bu Gito. Nyaman buat ngobrol bersama temen-temen atau meeting dengan rekan kerja.



W A S S A L A M . . .

1 komentar:

Unknown said...

bakmi godhog campurnya enak nih kayanya. yang di jogja alamatnya mana aja kak?

Post a Comment