Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Friday 29 April 2016

Menikmati Kuliner Aceh di Bungong Jeumpa Jogja

Haiiiii

Siapa yang gak doyan martabak? Kalo aku, doyan banget martabak. Entahlah, martabak itu semacam comfort food buat aku. Dari mulai martabak seribuan yang isinya daun bawang doang sampe yang special, aku suka. Tapi martabak yang kekinian itu aku belom pernah nyoba T_T. Martabak palembang, kalo martabaknya aja, aku suka. Tapi lidah kurang suka dengan kari kentangnya. Kalo martabak aceh, kusukaaaaaa... Apalagi dicocol kuah kari, nyaaammmm... Martabak aceh favoritku sih di Bungong Jeumpa. Yak, maka dari itu, kali ini mau cerita tentang beberapa camilan yang pernah kucobain di Bungong Jeumpa.

Bungong Jeumpa itu tempat makan yang menjual aneka makanan Aceh, mulai dari cane, martabak, mie aceh, nasi goreng, nasi gurih, rendang, kari kambing dan lain-lain. Minuman juga macam-macam, ada teh tarik, aneka juice, milk shake, float, kopi aceh juga ada. Tinggal pilih deh pengen makan dan minum yang mana. Harga juga masih masuk banget lah, mulai dari 3.500 sampai 12.000 buat minuman dan mulai dari 11.000 sampai 28.000 buat makanan. Gak perlu khawatir kantong jebol dah kalo ke sini. Pun pulang perut kenyang..

Inget banget, dulu Bungong Jeumpa baru ada 1, di pojokan jalan dekat Borobudur Plaza, Jalan Magelang. Sekarang, Bungong Jeumpa udah buka cabang di mana-mana. Yang di pojokan Borobudur Plaza juga udah pindah, gak jauh dari tempat yang lama. Keren nih, makanannya emang enak sih, harganya juga murah. Jadi gak heran lah yaa kalo banyak yang suka makan di Bungong Jeumpa.

Oke, kali ini aku mau cerita camilan yang pernah aku cicipin di Bungong Jeumpa. Iya, camilan doang aja udah bikin kenyang banget. Sebenernya pengen juga nyicip mie aceh sama nasi gorengnya, tapi keburu kenyang, hehe..

1. Martabak Kuah Kari (14k)
Martabak Kuah Kari
Seporsi martabak lengkap dengan acar, cabe rawit, dan kuah kari kambing. Martabak Aceh sedikit berbeda dengan Martabak Tegal. Kalo Martabak Tegal, telur, daging, dan sayuran dibungkus tepung, kalo Martabak Aceh justru sebaliknya. Tepungnya justru dibungkus dengan telur yang udah dicampur sayuran. Simplenya gini, kalo Martabak Tegal tepungnya di luar, kalo Martabak Aceh tepungnya di dalam.


Yang aku pesan ini, martabak kuah kari. Telur yang dicampur sayuran diisi adonan cane kemudian didadar. Kalo dimakan martabaknya aja, rasanya yaa simple, kayak telor dadar isi cane. Yang juara adalah kuah karinya. Kari khas aceh, gurih, dengan rasa khas rempahnya. Aku suka, rasa rempahnya pas, gak terlalu kuat yang malah bikin eneg. Jangan lupa, acarnya bikin seger. Kalo pengen lebih pedes, bisa tambah dengan cabe rawit. Kayaknya sih cuma martabak telur yaa, tapi udah bikin kenyang lho.


Kalo gak pengen martabak yang pake kuah kari, tenang aja, masih ada pilihan menu martabak telur ayam, martabak telur bebek, martabak isi ayam, dan martabak isi udang. Nah, kan yang aku pesen itu martabak kuah kari, jadi karinya kuah aja, gak ada dagingnya. Tapi, kalo yang pengen ada isinya juga ada kok. Ada martabak kari ayam, martabak kari bebek, martabak kari kambing, martabak bumbu rendang dan lain-lain. Dipilih aja deh lagi pengen isiannya apa..


2. Cane kuah kari (12K)

Cane Kuah Kari
Ada yang menyebut dengan cane, ada yang menyebut dengan canai. Cane ini awalnya berasal dari India, tapi Aceh juga punya cane. Cane India berbetuk bulat sedangkan Cane Aceh lebih tipis dan kayak sobek tak beraturan gitu. Kalo dimakan canenya aja, rasanya gurih dan aromanya harum. Hampir kayak pastry tapi lebih tebel. Nah, mau makannya gimana, tinggal sesuai selera aja deh, apa kamu lebih suka canenya dicocolin ke kuah karinya, atau malah kuah karinya yang disiram ke canenya. Monggo aja lah yaa, hehe.. Kalo aku lebih suka canenya yang dicocol ke kuah karinya. Jadi canenya basah kuyup terus rasanya jadi pedas gurih, enaaakkkkkkk.... Seporsi cane ini cukup mengenyangkan perut lho..

3. Cane Ice Cream (12,5k)
Cane Ice Cream

Gak suka makanan yang bersantan? Lagi gak pengen makan kari? Tapi pengen banget cane? Tenang ajaaaa, ada varian cane yang lain kok.. Cane Ice Cream salah satunya, cane dengan topping Ice Cream. Ada 3 pilihan rasa ice cream, cokelat, vanilla, dan strawberry. Rasanya enak dan segar tentunya. Karena Ice Cream cokelat memberi rasa manis dan dingin pada cane. Jangan takut eneg, karena cane sendiri rasanya gurih jadi ketika bertemu dengan ice cream rasanya tidak akan bikin eneg di mulut. Cobain deh...

4. Cane Keju Susu (13k)
Cane Keju Susu
Nah, kalo pengen varian cane yang manis, cobain Cane Keju Susu. Cane yang disiram dengan susu cokelat dan topping keju. Rasanya jadi manis dan gurih. Yang ini enak lhooo.. Rasanya kayak lagi makan leker tapi versi tebal, hehehe.. Kalo leker kan kulitnya garing, nah kalo yang ini versi yang tebal dan lebih basah..

5. Teh Tarik (10k)
Teh Tarik
Wow!! Foam nya sampe tumpah-tumpahhh.. Teh tarik adalah teh yang dicampur dengan susu kemudian dituangkan dari gelas atas ke gelas yang ada di bawahnya, jaraknya sebentangan tangan, ditarik berulang-ulang agar muncul busa. Ajaibnya, kalo liat langsung kesannya kayak lagi narik beneran, pun gak ada yang tumpah. Kereeeeennnnnn! Teh tarik ini rasanya manis dan ada sedikit gurih dari susunya. Teh nya masih berasa dan aromanya haruuuummmm, khas teh dari Pulau Sumatera. Aku suka teh yang berasal dari Pulau Sumatera, biasanya warnanya lebih pekat dan aromanya lebih harum.


Jadi begitulah pengalamanku mencicipi kuliner khas Aceh di Kota Gudeg. Masih ada mie aceh, nasi goreng aceh, dan nasi gurihnya yang pengen aku cobain. Sejauh ini, pelayanan di Bungong Jeumpa cukup memuaskan. Makanannya enak, pelayanan cepat, tempatnya bersih, dan harganya ramah dompet. Pulang pun dengan hati senang perut kenyang, hehehe.. 

Bungong Jeumpa ada banyak cabangnya, di Jalan Prof. Yohanes, Demangan Baru, Jalan Wolter Monginsidi, Seturan, Jalan Kaliurang, dan Jalan Godean. Tinggal dipilih aja mana yang paling dekat untuk dijangkau. Bisa Delivery Order juga kalo lagi gak bisa keluar. Bungong Jeumpa buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Bungong Jeumpa juga melayani paket nasi box lhooo...

Oke, sekian dulu yaa ceritakuuu...

Terimakasih,,

Sekian,,

W A S S A L A M U ' A L A I K U M

0 komentar:

Post a Comment