Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Monday 22 September 2014

gak boleh minum es krim :(

haii,,

aku balik lagi..


bukan, bukan buat belajar nulis kayak yang aku janjiin kemaren. aku lagi bete parah.. sumpah, bete parah.. aku boleh kan cerita sama kamu? boleh yaaa...


fiuuhhhh...


bentar, aku tarik napas dalam-dalam dulu..


susah yaa ngetik pas posisi emosi lagi di ubun-ubun.. salah-salah ntar yang diketik malah kata-kata kasar semua. tapi aku pengen cerita. aku lagi bete. aku lagi sebel.


iya, aku emang orangnya keras, emosional, jutek dan apapun itulah.. tapi inget kan? singa gak akan gigit kamu, kalo kamu gak ganggu dia.. aku bakal baek-baek ke kamu, kalo kamu jg baek-baek ke aku..


aku bingung gimana mau ceritanya. iya, mungkin efek emosiku masih di ubun-ubun, jadi mau nulis aja nih tangan gemeteran.. tapi lebih baik aku ungkapin di sini, biar suatu saat kalo perasaanku udah normal lagi, aku bisa ngetawain tulisanku pas lagi emosi gini, hahahaha...


jadi gini, aku abis mengungkapkan apa yang aku pengen. aku abis memperjuangkan apa yang slama ini sebenernya aku mau. paham gak? gini deh, biar gampang.. aku bikin perumpamaan yaa..





kalian sekeluarga 4 bersodara.. terus kalian itu udah diwanti-wanti ayah, pokoknya kita berempat gak boleh minum es krim. terserah mau minum apa aja, yang penting jangan minum es krim. pas kita tanya, kenapa gak boleh minum es krim? ayah cuma jawab, perintah dari ibu yang gak ngebolehin kita minum es krim, tanpa ada penjelasan riil apapun yang bisa kita terima dengan akal sehat. dasarnya kita emang anak yang penurut, yaudin, kita iyain kata ayah.. gak pernah kita yang namanya nyentuh es krim, apalagi minum es krim..

tapi yang namanya waktu yaa, gak bisa ketebak apa yang akan terjadi di suatu hari nanti. karna kita gak punya mesin waktu buat ngintip apa yang akan terjadi di esok hari. jadi, kita cuma bisa menapaki waktu-demi waktu, dengan sebaik mungkin, supaya kita gak nyesel udah nglewatin waktu begitu aja..
suatu hari, itu panas banget.. 1 dari keempat bersodara itu lagi maen sama temen-temennya.. sebut aja namanya Wita.. temen-temen Wita semua minum es krim, karna emang cuaca lagi mendukung banget buat mereka minum es krim. bayangin aja, cuaca lagi terik, kalian bisa minum es krim bareng-bareng di bawah pohon sambil ngobrol, wuiihhhh... seger bet!!! tapi Wita cuma bisa nelen ludah, dia cuma bisa menghapus dahaga di kerongkongannya dengan minum air putih. iya, minum air putih doang.. temen Wita ada yang nyeletuk "kenapa kamu cuma minum air putih aja? kamu gak mau minum es krim?" Wita cuma bisa geleng-geleng kepala.. dia takut dimarahin ayahnya kalo sampe ketauan minum es krim..
Wita pulang dengan langkah ogah-ogahan.. males banget dia pulang.. sebenernya Wita pengen banget minum es krim. akal kritisnya mulai muncul, kenapa dia gak dibolehin minum es krim? toh itu gak bahaya juga. temen-temennya semua minum es krim, dan mereka baik-baik aja tuh.. enggak sakit.. malahan mereka jadi bahagia setelah minum es krim.. akhirnya, Wita memberanikan diri buat nanya ke ayahnya.




"Ayah, aku boleh minum es krim?"




"Enggak. Kamu dan sodaramu yang lain gak boleh minum es krim."




"Kenapa gak boleh?"




"Kan ini perintah dari ibu, pokoknya kalian gak boleh minum es krim"




"Ayah, temen-temenku minum es krim, dan mereka baik-baik aja. bahkan mereka malah jadi seneng setelah minum es krim. Mereka bisa ketawa-ketawa setelah minum es krim. Es krim tu seger banget yah diminum waktu lagi pan.."




belom selesei Wita ngomong, udah dipotong sama ayahnya,




"Sudahlah, terserah kamu mau minum apa aja, yang penting jangan pernah minum es krim. Ini perintah dari ibu. ibu bilang, keempat anakku gak boleh ada yang minum es krim. kamu nurut aja apa kata ibumu, ayah hanya menyampaikan pesan ibumu"




kemudian ayah pergi. Wita masih kesal, kenapa dia tetap gak dibolehin minum es krim? tanpa ada alasan yang jelas.. Wita ngambek.. dia malas unuk ketemu ayahnya..




3 hari berlalu, dan Wita sudah kembali normal. dia sudah berusaha untuk menerima perintah dari ibunya untuk tidak minum es krim. dia juga sadar, gak baik marah lebih dari 3 hari..
hari berganti, dan tibalah hari itu.. yang membuat Wita kembali kesal.. di luar cuaca sedang panas, Wita buru-buru masuk ke rumah karna sudah gak tahan dengan panasnya. dari luar, Wita mendengar ada yang sedang asyik ngobrol di dalam rumah. mungkin ayahnya dengan sodara-sodara lainnya.. Wita masuk ke rumah dengan mengucap salam, tapi tak ada yang menjawab. Wita mencari di mana sumber suara itu, di mana ayah dan sodaranya itu sedang berbincang. akhirnya ketemu, mereka sedang berbincang di taman belakang. sebenarnya Wita enggan untuk bergabung dengan mereka. tapi entah kenapa, hati kecilnya menuntun Wita untuk ikut berkumpul bersama mereka.




alangkah kaget hati Wita, ketika dia tau bahwa kakak laki-lakinya sedang asyik minum es krim. ada ayah di situ, dan ayah tidak marah. justru mereka asyik ngobrol dan ketawa-ketawa. dengan hati yang panas, perasaan yang kesal, Wita bertanya kepada ayahnya, "Ayah, kenapa kakak boleh minum es krim? sedangkan aku tidak?" ayah menjawab, "Kakak minum es krim atas perintah ibumu".




Wita gak mau mendengarkan lagi penjelasan dari ayahnya. Wita kesal, dia merasa ini semua tidak adil baginya. kenapa hanya kakaknya yang diperbolehkan minum es krim? kenapa dia gak boleh? ada apa ini? pertanyaan itu yang terus berputar di kepalanya. Wita masuk ke kamar, mengunci pintu, memandang ke luar jendela sambil terus berpikir, kenapa dia tidak boleh minum es krim sedangkan kakaknya boleh? tak terasa, Wita pun menteskan air mata.. dia tak tau harus kemana lagi akan mengadu..


~THE END~
Jadi gitu ceritanyaaaa... gimana? kira-kira kalo kamu ada di posisi aku, bakalan marah gak? bakalan sebel gak? selama ini kamu dilarang dengan alasan gak jelas, kemudian ada yang melanggar aturan itu, dengan alasan yang sama dengan alasan yang dipake ketika ngelarang kamu. eh, gimana sih ini nada bicaranya? aku bingung.. yaa gitulah yaa intinya.. aku yakin kamu paham kok. yaa kaaaannnn?!?

anyway, makasih banyak yaaaa :)


0 komentar:

Post a Comment