Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Wednesday 24 February 2016

Jajan di Kampung Ketandan (PBTY XI 2016)


Patung Monyet

Cihuiiiii... Merah di mana-mana.. Lampion cantik memancarkan cahaya ketika malam tiba.. Suasana kayak gini, terjadi setahun sekali saat perayaan Tahun Baru Imlek. Tahun ini memasuki Shio Monyet.

Menjelang Cap Go Meh, di Jogja ada acara Pekan Budaya Tionghoa yang diadakan di Kampung Ketandan. Yang belum tau Kampung Ketandan ada di mana, Kampung Ketandan ini ada di sebelah utara Ramayana Malioboro. Ada gerbang gede khas kayak di klenteng gitu, gak sulit kok nyarinya. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta berlangsung selama 5 hari, mulai 18 Februari sampai 22 Februari 2016, dari jam 17.00 sampai 22.00. Selain ada berbagai acara kayak lomba bahasa mandarin, menyanyi lagu mandarin, penampilan aneka tarian, wayang po te hi, pertunjukan naga, juga ada stand kuliner yang berjejeran rapi di sepanjang Kampung Ketandan. Bagi yang muslim, tenang aja, banyak juga kok makanan yang halal di sana. Nah, pas tanggal 21 Februari juga ada Jogja Dragon Festival, jadi pawai naga gitu dari Abu Bakar Ali sampe Alun-Alun Utara. Ada naga yang panjangnya nyampe 159,5 meter. Kereeeeeeennnnn!!!!!

Gerbang Kampung Ketandan
Suasana Jalan Malioboro
Naga nya cuma dapet pas ekornya doang :(
Keramaian menuju panggung utama
Pertunjukan Wayang Po Te Hi
Wayang Po Te Hi
Jadi tujuan utama ke Kampung Ketandan ini awalnya gegara temen pengen banget hakau. Lha kok ndilalah aku liat di timeline twitter ada pamflet acara PBTY XI, dan di pamflet itu ada gambar dimsum nya, yaudah deh langsung cuss ke Kampung Ketandan. Sebenernya aku pengen banget makan bakmi yang model chinese gitu, tapi kemaren adanya yang pake babi. Berhubung aku gak makan babi, yaudah cari yang laen aja deh.. 

Stand Kuliner bejejeran dari ujung ke ujung, ada aneka makanan khas Imlek kayak kue keranjang, ada makanan chinese kayak mochi, wedang kacang, wedang ronde, bakmoy, bakmi, bakpao, dimsum. Ada makanan kekinian juga kayak sosis bakar, takoyaki, kebab hitam, susu yang sedotannya berbentuk kacamata, es serut, dan lain-lain. Oiya, ada kerak telor sama otak-otak juga. Jadi yang enggak makan babi, masih banyak pilihan makanan lain yang bisa dimakan. Kalo pengen cari kenang-kenangan, ada pernak pernik khas Imlek dan mainan naga, lucuuuuu... Kemaren ada beberapa makanan yang sempet aku cicipin, antara lain.........

1. Hakau (15k/3biji)

Siomay Rumput Laut, Siomay Ikan, Hakau, Bakpao Ayam
Yang warnanya ijo itu siomay yang dibungkus rumput laut, yang kuning siomay ikan, yang putih bulat bakpao ayam, nah yang putih bening hakau. Kemaren temenku beli yang hakau aja, yaa karena emang pengennya itu sih. Hakaunya isiannya udang. Enak. Udangnya masih berasa manis khas udang, enggak amis. Tapi kulitnya agak kering sih, mungkin karena keseringan dibuka yaa pas ngukus. 

2. Sumo Squid Cumi (29k)

Sumo Squid
Sumo Squid
Pilihan Menu Sumo Squid
Pilihan Rasa Sumo Squid (Cheese, Barbeque, Seaweed, Balado)
Sumo Squid yeeaaayyyy!!
Sempet entah mondar-mandir berapa kali buat cari makanan yang unik dan belom pernah kita makan. Nah, stand Sumo Squid ini lumayan rame, penasaran lah kami. Dan yak, aku berhasil ngomporin temenku buat beli ini, hahahaha.. Ada 2 pilihan menu, Sumo Squid itu yang cumi, yang Sumo Chicken itu ayam. Pilihan rasanya ada 4, barbeque, cheese, balado, dan seaweed. Ada level pedesnya juga mulai dari  rookie, pro, sampe master. Kemaren temenku beli sumo squid yang rasa balado level pedesnya pro. Oiya, Sumo Squid itu cumi/ayam yang dilapisi tepung kemudian digoreng baru deh dibumbuin. Rasa cuminya enak, enggak alot dan enggak amis. Kemaren kan nyicip yang balado, rasa pedesnya mantap! Pedes gurih dan ada sensasi kriuk. ENAK!

3. Takoyaki (12k)

Takoyaki
Takoyaki itu makanan wajib yang hampir selalu ada di setiap event. Awalnya aku beli ini karena sebelum ke sini kebetulan mimpi makan takoyaki, haha.. Jadi yaudah, beli aja deh. Begitu pertama kali nggigit, aku langsung bilang, "ini takoyakinya enak!" Serius, ini takoyaki paling waras yang pernah aku makan. Entahlah, abisan tiap beli takoyaki, sering kecewa. Ada yang guritanya gak fresh lah, gak ada isiannya lah, kulitnya lembek lah. Tapi takoyaki yang ini, isian guritanya mayan banyak dan kulitnya gak lembek. Saus nya juga enak. Aseli. Enak ini takoyakinya. Besoknya pas ke sini lagi, aku beli takoyaki ini lagi, bahahahak.. Per porsi kan isinya 5 itu udah lumayan mengenyangkan kok. Oiya, lupa gak ambil foto stand takoyaki ini. Tapi katanya tiap hari Minggu buka stand di Sunday Morning UGM sih, jadi besok kalo ke sunmor, beli yang ini aja. Yeay!!

4. Shaved Ice (10k)

Shaved Ice
Capek bolak balik milih makanan, terbitlah gerah dan haus. Pengen yang seger-seger. Ngliatin orang bawa minuman ini, akhirnya kepengen dan nyariin standnya deh. Jadi shaved ice ini es serut yang dikasih sirup. Yang aku pilih ini mix fruit. Yang bawah itu sirup mangga, atasnya sirup jeruk, paling atas sprite. Jadi sebenernya kalo mau minum ini harus ditunggu es nya agak mencair dulu, soalnya kalo langsung diminum bakal manis banget.  Rasanya enak sih, jeruk campur mangga dan soda, segaaarrrrrrr!

Jadi itu beberapa jajanan yang sempet aku cicipin. Heheheheheheheehe, dateng ke acara Pekan Budaya Tionghoa tapi kok gak nyicip makanan khasnya *toyor. Maapkeuuuunnn, orangnya gampang tergoda sama makanan yang lagi dipengen soalnya, hihihi.. Niatnya pengen jajan wedang kacang, nyampe lokasi kepengen yang laen. Wes biyasaaaa~~

Oke, itu dulu yaa ceritaku. Semoga tahun depan bisa dateng lagi ke acara ini buat jajan jajan. 

Makasih...

W A S S A L A M U ' A L A I K U M

0 komentar:

Post a Comment