Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Thursday 3 December 2015

FESTIVAL JAJANAN KEKINIAN 2015 di JEC YOGYAKARTA

Haiii..

Gak bisa tidur, iseng liat-liat foto makanan di hape.. Iseng yang sungguh warbiyasyaaaakkk.. Bikin ngantuk enggak, yang ada malah laper kan.. Mau mlipir ke dapur males. Yaudah, bikin postingan aja deh.. Pas banget nemu foto makanan yang ternyata belom aku ceritain di sini..

Pintu masuk FJKi
Jadi sekitar sebulanan yang lalu, di JEC lagi ada Festival Jajanan Kekinian. Akhir-akhir ini emang makin banyak jajanan lawas yang dimodifikasi jadi jajanan masa kini. Ada kue cubit aneka rasa, martabak 8 rasa, mochi yang diisi es krim dan lain-lain. Rata-rata pasti ada rasa green tea. Green tea lagi naik daun dah pokoknya. Rasa-rasanya apapun yang dipakein green tea jadi tenar dan laku keras, hehe

Nah, kemaren di Festival Jajanan Kekinian ada puluhan tenant yang menjual beraneka ragam kuliner masa kini. Oiya, buat masuk ke FJKi ini kena tiket masuk lima ribu rupiah saja. Aku liat-liat makanan apa aja yang ada di sana, dari ujung ke ujung. Mayan pegel juga sis.. Ada kue cubit, black burger, black kebab, mochi ice cream, ice cream roll, martabak 8 rasa, trus ada milkshake yang dikemas dalam dot bayi. Yang serem sih minuman dikemas di wadah yang biasa buat tempat darah ituuuuu.. Iya, aku merinding duluan liatnya.. Kalo jajanan laennya sih ada bakso, siomay, batagor, takoyaki, sushi, ayam goreng, mie ongklok yaa gitu-gitu lah..

Berhenti pertama itu beli kebab hitam. Antrinya mayan, 50.. Tapi kata mas nya cepet kok bikin 50, sekali bikin langsung 8 soalnya. Daripada nungguin bengong, lanjut perburuan selanjutnya deh.. Ada es yang dibikinnya unik, digoreng kayak bikin martabak gitu, ntar jadinya es krim berbentuk roll.. Biar enak, jajanannya aku ceritain satu per satu aja yaa..


1. Ice Cream Roll Hulala 20k

Ice Cream Roll HULALA

Ice Cream Roll Vanilla topping Oreo
Ada beberapa gerai yang jual ice cream roll,  proses pembuatan ice cream roll nih seru, makanya banyak yang liat. Selalu rame dah pokoknya. Tapi gak semuanya beli sih, sebagian cuma liat doang, hehe..

Adonan es krim yang masih cair
Pilihan topping
Proses pembuatan ice cream roll
Proses pertamanya kita pilih pengen es krim yang rasa apa. Nah, kemudian adonan es krim yang masih cair dituang ke atas wajan dingin. Selanjutnya, kita pilih mau topping apa, ada strawberry, anggur, oreo, bengbeng, chocho crunch, yang satunya lupa, hehe.. Trus toppingnya dihancurin sampe bener-bener hancur. Mayan makan tenaga sih kayaknya pas ngancurin toppingnya, Oiya sambil diaduk rata di adonan es krim nya.. Pas kemaren temenku belinya yang topping oreo. Setelah toppingnya hancur dan merata ke semua adonan, adonannya kembali diratain di wajan dingin. Tujuannya biar cepat membeku. Tunggu bentar, terus diroll, jadi deh.. Ngliat proses pembuatan yang lumayan bikin capek plus porsi yang banyak, harga 20ribu cukup worth it lah yaa..

Oiya, aku bagi video proses pembuatan ice cream roll nya yaa, hehe..


2. Black Kebab Champion 25k dan Black Kebab Full Beef 25k

Menu Kebab dan Burger
Black Kebab sebenernya hampir sama kok sama kebab yang biasanya, isiannya sama, yang beda cuma kulit kebabnya yang warnanya hitam. Kemaren tanya sama mas nya yang masak, hitamnya kulit kebab itu berasal dari kluwak yang biasa buat bumbu rawon. Makanya kalo dimakan kulitnya aja, agak pait dikit. Warna hitamnya juga agak kehijauan. Jadi warna hitamnya aman lah yaa..

Kalo gak pengen makan kebab atau burger yang hitam, juga ada yang biasa. Isiannya juga macem-macem, tinggal dipih sesuka hati. Harganya seingetku mulai 17ribuan sampe 25ribuan..

Proses pembuatan Kebab
Kebabnya lagi dimasak
Black Kebab Champion
Black Kebab Champion isiannya beef, telor goreng, keju, mayonaise, dan saos sambal. Emang pesen yang gak ada sayurannya sih, hehe.. Menu lain ada kok yang pake sayur.. Ternyata porsinya lumayan gede, jelas mengenyangkan lah.. Rasanya hampir sama kayak kebab yang biasa, cuma kalo makan kebab hitam ini ada sensasi tersendiri aja, kan kulitnya warnanya beda, hehe.. Rasaya menyampur jadi satu di mulut, gurih dari beef dan telor, pedas dari saos sambal, manis dari mayonaise, trus tambah rasa keju, beuuhhhhh.... Enyaaaaakkkkkk... Dan mengenyangkan.. Puas lah rasanya bayar 25ribu buat seporsi Black Kebab Champion ini..

Black Kebab Full Beef
Yang ini pesenan temenku. Sesuai namanya, Black Kebab Full Beef ini isiannya cuma daging aja, penuh, padat, mantap lah. Tentu dikasih mayonaise dan saus sambal. Namanya juga full beef, rasanya pasti enak dong yaa. Enggak eneg kok walaupun cuma beef doang, yaa soalnya kan ada mayonaise dan saos sambal, jadi gak monoton rasa daging doang. Yakinlah, gak sia-sia ngluarin duit 25ribu, udah rasanya enak, kenyang pulaa.. MANTAP!


3. Takoyaki 10k


Takoyaki
Yaa Allah, hampir setiap sudut penuh dengan orang yang lagi antre mau beli jajanan, termasuk di gerai takoyaki ini. Takoyaki,  jajanan asal Jepang yang mulai akrab dengan masyarakat Indonesia. Takoyaki itu bola-bola yang dibuat dari tepung terigu, diberi isian gurita. Tapi sekarang isiannya mulai macem-macem sih, ada keju, sosis, dan lain-lain.. Kemudian, takoyaki diberi topping saus a-la jepang, mayonaise, dan ikan kering. Rasanya enak, takoyakinya lembut, sausnya gurih manis sedikit asam.. Takoyaki cocok jadi pilihan buat ngemil-ngemil cantik..

4. Mie Ongklok 8k

Mie Ongklok + Mendoan
Entah kenapa dari dulu aku penasaran banget sama mie ongklok. Kebetulan di FJKi ada, yaudah nyobain aja sekalian. Mie Ongklok ini makanan khas Wonosobo, biasanya dimakan pake Sate Sapi. Mie Ongklok ini adalah mie kuning yang dimasak dengan kol dan kucai (tapi yang kemaren pake daun bawang), cara masaknya dicelupin berkali-kali ke air mendidih, makanya disebut Ongklok deh.. Yang bikin Mie Ongklok beda dari mie lain itu kuahnya. Kuahnya kental gitu, hampir kayak lendir, hehe.. Kuah kentalnya ini dibuat dari saripati singkong dicampur gulajawa, ebi, dan bumbu rempah lainnya. Udah gitu, masih diguyur lagi pake bumbu kacang.. 

Biasanya kan makan mie ongklok ditemenin sama sate sapi, tapi kemaren aku pengen ngrasain mie ongkloknya aja, sama mendoan ding. Mendoannya seribuan, aku beli 2 biar pas sepuluh ribu. Alamak, mendoannya kecil bangets, tipis pula, hehehe.. Ah, aku sekarang udah gak penasaran lagi sama mie ongklok. Ternyata rasanya manis.. Aku gak begitu suka mie yang manis, hikshiks... Tapi seru sih pas makan mie ongklok, baru pertama kali ngrasain soalnya, hehe

Itu doang sih makanan yang sempet aku cobain, itu pun perut udah penuh bangeettttt.. Oiya, FJKi juga menyedikan tempat buat foto-foto.. Tau aja nih jaman sekarang makin banyak yang narsis, hehe..

Spot untuk foto-foto
HEHEHEHEHEHEHEHE....
Hoaaahhmmmm..

Akhirnya ngantuk juga. Segini dulu yaa ceritanya. Ayo kalian juga cobain aneka jajanan masa kini, biar ikutan kekinian..

Makasih,,

Sekian,,

W A S S A L A M

0 komentar:

Post a Comment