Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Sunday 16 November 2014

Kisah Ibu-Ibu di Tukang Sayur

haaiiii..

Kali ini aku bakal cerita tentang ibu-ibu baik hati yang tiba-tiba bisa berubah jadi nyebelin saat lagi belanja sayuran di tukang sayur. Pasti akan ada yang bertanya-tanya, "lhoh kamu belom jadi ibu-ibu kok bisa ngerti?" Yaiyalah, setiap pagi pasti aku beli sayuran di tukang sayur deket rumah, entah itu sayuran yang masih mentah atau udah mateng. KOK BISA? Iya, semenjak almarhum ibu meninggal 4 tahun yang lalu, aku mulai belajar masak sendiri, nyiapin makanan buat superman dan superboyku, bapak dan adekku.

Pagi-pagi adalah waktu yang paling hectic bagi sebagian besar ibu-ibu atau perempuan yang mengambil peran menggantikan ibu. Akan lebih hectic lagi ketika perempuan itu ternyata juga seorang pekerja, yap, double burden pastinya. Sang perempuan harus menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum dia keluar rumah. Biasanya, yang bikin ibu-ibu atau perempuan ribet di pagi hari adalah masalah nyiapin sarapan. Paling enggak, ini yang aku dapet dari hasil rumpi cantik bersama ibu-ibu super. 

Sarapan itu penting, kalo mau sehat yaa yang utama itu sarapan.
Anakku sebelum sekolah harus sarapan. Kalo enggak sarapan, pasti nanti pikirannya cuma jajan mulu.
Belom tenang kalo di rumah belom ada makanan buat sarapan. Kalo siang sama malem sih gampang..

Begitulah kurang lebih yang mereka bilang tentang sarapan. Yap, aku setuju. Sarapan itu penting, karena sumber energi untuk aktifitas kita sehari-hari. Saking pentingnya, makanan untuk sarapan wajib ada, dan mungkin ini yang bikin ibu-ibu yang sebenernya baik hati ini berubah jadi nyebelin..

SI IBU CERDIK

Pernah suatu hari, warung sayur lagi rame banget. Semuanya mau beli makanan untuk sarapan, termasuk aku. Aku yakin, semuanya juga ngejar waktu karna anak-anak, suami atau keluarga mereka harus berangkat sebelum jam 7. Tapi semuanya tetep antre, tenang sambil ngobrol cantik. Tiba-tiba, ada seorang ibu, ngeloyor gitu aja nembus antrean. Semua yang lagi antre cuma ngeliatin aja. Aku bete, tapi karna aku paling muda di antara mereka, aku diem aja. Bisa apa aku? HAHA.. Si ibu yang ngeloyor tadi bilang gini "Mbak, aku duluan yaa. Cuma beli bubur aja kok, buat sarapan suamiku." Karna yang antre pada baek-baek, dan si ibu cuma beli bubur doang, dibolehkan lah si ibu buat nerobos antrean. Eeeeee, tapi dasar si ibu, udah dikasih hati, masih minta dagingnya!! Kelar buburnya dijualin, dia nambah lagi sayuran yang lain. "Tambah bakmi seribuan 2 mbak, Lele gorengnya 2, Oseng tempe 3 ribu aja, Gorengannya 3 ribu aja... " ZZZZZZZZ, PINGSAN!! Aturan kalo dia beli bubur doang, 2 menit kelar. Lhah ini dia nambahnya banyak banget. Kayaknya semua yang antre di situ, keselnya udah selevel sama aku. Konon, Si Ibu ini sering kayak gini kalo beli sayuran. FYI, kayaknya Si Ibu masuk blacklist dalam masalah antre sayuran. Beberapa hari kemudian, ketika warung sayurnya rame, dan Si Ibu akan mencoba melakukan hal yang sama, udah ada yang berani buat bilang "Bu, antre yaa.. Kasian yang lain, biar tertib. Beli sedikit apa banyak tetep antre". HAHAHA.. Dan Si Ibu cuma nyengir kuda, ekekeke...


PENJUAL IBA

Oke, selain ibu-ibu cerdik, yang pura-pura beli dikit aja tapi nambahnya bikin pingsan, ada lagi ibu-ibu baik hati yang bisa berubah jadi nyebelin dengan menjual iba. Maksudnya gimana? Dia bakal bilang kalo anaknya atau suaminya harus segera berangkat kerja, dia juga keburu kerjanya telat, makanya dia minta buat diduluin belinya. "Mbok aku duluan yaa, anakku keburu telat e, kasian kalo gak sarapan. Aku jam 7 juga harus ke kantor.. blablabla..." Oke, mungkin si ibu itu berpikir kalo diantara semua orang yang antre beli sarapan, cuma dia yang kerja, cuma suaminya yang kerja, cuma anaknya yang sekolah. Mungkin Si Ibu lelah. HELOOOWWWWW... Ngapain kita rela cape-cape antre kalo enggak demi nyari sarapan. Misal lagi libur sekolah atau kerja juga semuanya enggak akan antre di waktu yang sama. Belinya mah entar-entar aja rada siangan, kira-kira udah pada bamgun dan siap sarapan. Kira-kira pas warung yang jual sarapan udah rada sepian dikit. Dan, emang dunia ini seimbang, Allah itu adil. Ketika ada ibu-ibu yang menjual iba, di waktu yang bersamaan juga ibu-ibu raja tega yang menyelamatkan kami dari kekejaman nyerobot antrean. "Lhah, yang pada beli di sini semuanya juga nyari sarapan e. Semua juga keburu sekolah sama kerja. Kalo gak mau telat yo tadi antrenya lebih pagi." SKAK MAT!! 

IBU-IBU NGRIBETIN

Beda dengan 2 model ibu-ibu sebelumnya, yang model ibu-ibu ngribetin sih diem tapi cekatan. Enggak pake ngomong. Dia ngambil sayuran sendiri, dibungkusin sendiri. FYI, tukang sayur deket rumah itu pake lemari kayu yang bagian depan sama sampingnya pake kaca, jadi bisa ngambilnya cuma dari belakang aja. Ya dari tempat yang jualan berdiri. Dan tempatnya itu sempit, jadi kebayang kan gimana si ibu yang diem tapi tangannya gerak ini bakal bikin penjualnya gak bisa njualin yang lain karna tangannya kealingan si ibu-ibu ngribetin ini. Dia nerobos antrean juga nerobos bayar, karna si penjual bakal konsen buat ngitung harga sayuran yang udah diambil. ERRRRR!!!


Oke, mungkin itu aja yang bisa aku ceritain. Bukan, ini bukan buat ngejelek-jelekin, tapi buat pelajaran, kita harus bisa menghargai orang lain. Yang punya kepentingan gak cuma kita. Orang lain juga punya kepentingan. Jangan sampe kita bikin orang lain kesel gegara cuma ngliat kepentingan kita. Untuk para calon ibu, jangan berubah jadi ibu-ibu nyebelin yaa gaisss.. hehe..



W A S S A L A M . . . 

2 komentar:

Erry Satya Panunggal said...

Benar sekali mbak yang ditulis. Saya jg pekerja tp cowok, saat mau beli sarapan heran bgt sama militansi ibu2 itu. Saya dateng lebih awal selalu diserobot, apalagi dia kenal sama yang jual. Yaaah akhirnya jd males beli sarapan

Unknown said...

iya itu, pada males ngantre.. sini yg ngantre jd terdesak mundur deh, fiuuhhh..
makasih udah berkunjung di blog saya (yg mulai lumutan ini yaa :))

Post a Comment