Assalamu'alaikum.. Selamat Membaca..

Wednesday 5 November 2014

mampir ke Kongkalingkong Dine & Coffe House

haiiii..

Jumpa Lagiiiii....

Senin malam kemarin, aku dan temen-temenku nonton teater di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Oiya, ngomongin tentang TBY nih, biasanya kan orang nyebut TBY yaa TBY aja, TeBeYe. Nah, suatu kali ada temen nyebut TBY dengan TiBiWai. Sumpah, aku mikir keras waktu itu. TiBiWai apaan?!? Usut punya usut, TiBiWai itu pengucapan TBY dalam bahasa inggris -__- Oke, aku gagal gaul!

Pertunjukan Teater ini diselenggarakan oleh temen-temen FIB UGM dalam rangka Bulan Bahasa UGM. Judul lakonnya Bahtera Nuh, dimainkan oleh Teater Kami Bercerita. Rada mikir sih pas liat mereka pentas, soalnya monolog. Mungkin karna aku awam dalam bidang teater, sampe hampir setengah durasi pementasan, aku belom nangkep jalannya cerita. Aku malah sibuk menebak-nebak itu jadi hewan apa yaa. Mungkin karna monolog, jadi aku rada bosen. Dan satu lagi, aku sibuk menahan lapar, HAHA..

Pertunjukan teater selesei sekitar jam 9, tenggorokan mulai kering, perut mulai lapar. Biasa, karna gak ada rencana buat makan, niatnya cuma nonton teater, jadilah bingung ketika memutuskan mau makan di mana, heuheu.. Dari sekian banyak tempat makan asyik di Jogja dan akhirnyaaaa, Kongkalingkong Tamansiswa yang kami pilih..

Kongkalingkong terletak di Jalan Tamansiswa, berseberangan sama LP Wirogunan. Sering banget lewat cafe ini, tapi tiap mau nyoba selalu ragu. Kenapa? Takut mahal, dan gak ramah dompet. Tapi ternyata, aku salah besaaaaarrrrrrr!

Harga minuman dan makan di cafe ini terbilang cukup murah. Aman buat dompet deh pokoknya. Harganya berada di range 5k sampai 30k. Kayaknya malah dibawah 30k deh. Tax-nya cuma 5%, hehe.. Menunya lumayan banyak, terbilang cukup komplit, dari mulai tahu petis, tahu gejrot, aneka pasta, bakmi goreng, aneka nasi goreng, ayam plecing, ayam betutu, dan masih banyak lagi. Minumannya mulai dari hot tea, aneka kopi, cokelat, minuman bersoda, dan masih banyak lagiiii..

Menurut aku, cafe ini cocok buat nongkrong sama temen-temen. Karna, menu makanannya beraneka ragam. Pasti pernah kan ngalamin rempong cari tempat makan pas mau ngumpul sama temen? Ada yang pengen makan pasta, ada yang cuma pengen minum doang, ada yang harus makan nasi, ada yang pengen ngemil cantik. Errrr, pasti ribet kalo gitu. Yaudah, ke Kongkalingkong aja. Udah menunya komplit, harganya ramah dompet, dan tempatnya juga asyik.

Begitu nyampe, kami langsung cari tempat duduk. Malam itu lumayan rame. Tapi emang tiap lewat Kongkalingkong selalu rame deh, haha.. Di Kongkalingkong, ruangannya ada dua, indoor dan outdoor. Di bagian dalam ada panggung kecil, untuk acara live music malam hari. Kebetulan lagi ada band yang tampil. Suara mbaknya sama masnya bagusss, lagu lama yang mereka nyanyiin jadi seru. Kayak yang lagu zodiak gituu. Kita juga bisa request lagu, kemaren ada yang request lagunya D'Cinnamon "andaikan ku dapat mengungkapkan perasaankuuu, hingga membuat kau percayaaa" ecieeeee, ihiiikkkk

 ruangan Kongkalingkong

live music di Kongkalingkong
outdoor Kongkalingkong

Desain interior di Kongkalingkong seru, vintage gitu. Entah kenapa, ruangan dengan konsep vintage itu selalu bikin hati tenang, nuansanya hangat, bikin pikiran jadi adem.. Sofa di area indoor warnanya macem-macem, seru aja liatnya. Di temboknya dipasang beberapa hiasan, seperti bekas alat penggiling daging, kamera kuno, dan barang-barang kuno lainnya. Jadi gak bosen. Temboknya perpaduan merah dan putih, lantainya dari ubin. Katanya warna merah itu bisa membangkitkan nafsu makan lhoh.. Pantesan aja, banyak tempat makan yang mengambil warna merah sebagai warna utama mereka.

Oke, karena perut udah disko, tenggorokan udah kering, kita langsung pesen makanan. 

daftar menu Kongkalingkong


menu makanan di Kongkalingkong


menu minuman di Kongkalingkong


menu mie di Kongkalingkong

Cukup lama ngebolak-balik menu, bingung. Menunya banyak banget soalnya. Ngliat foto didaftar menu juga bikin ngiler. Setelah beberapa menit sibuk ngubek-ngubek menu, dapetlah minuman dan makanan yang mau kita pesen..

Hot Jasmine Tea (6,5k)

Hot Jasmine Tea

Lagi-lagi minum teh, HAHA.. Gak bosen sih kalo minum teh, soalny aku gak berani minum kopi. Kebanyakan cafe kalo bikin teh dari teh celup. Ada sebagian orang yang bilang kalo teh itu lebih enak dari daun teh nya langsung, bukan dari teh celup. Kalo bahasa jawanya sih, teh dekok-an. Lebih kerasa teh nya. Kalo yang di Kongkalingkong tehnya dari teh celup juga. Mungkin cari praktisnya kalik yaa. Airnya syupeeeerrrr panas. Yaiyalah, kalo gak panas, ntar tehnya enggak jadi. Jadi, ini beneran HOT TEA!! Bukan cuma anget, yang panasnya nanggung gitu. Soalnya kalo teh nanggung, panas enggak, dingin enggak, malah bikin perut kembung. Gulanya disajiin terpisah, bisa kita tambahin sesuai selera. Namanya jasmine tea, tapi rasa jasminenya gak begitu keluar, huhu..

Ice Longan Tea Soda (16,5k)

Ice Longan Tea Soda

Jadi ini teh yang dikasih soda dan ada buah kelengkengnya. Penampilannya sih menggoda iman, embun yang nempel di bagain luar gelas itu bikin nelen ludah. Gelasnya lucu, bentuknya jar gitu. Rasanya gimana? Tehnya kerasa banget, sodanya samar-samar. Harus diaduk bener-bener, jadi sodanya gak cuma di atas aja. Biar teh sama sodanya bisa nyampur bener. Manisnya cukup, enggak kemanisan. Cocok buat melegakan dahaga di saat cuaca Jogja lagi panas. Namanya aja Ice Longan Tea Soda, sudah pasti ada buah kelengkengnya, sekitar 4 biji. Nah, si buah kelengkeng ini bisa nambah rasa seger dari paduan teh sama soda.

Ice Suropati Squash (12,5k)

Ice Suropati Squash

Aku gak ngerti kenapa dinamain suropati squash, lupa nanya sama wairess nya. Tapi yang jelas, Ice Suropati Squash itu perpaduan antara orange juice dan minuman bersoda yang warnanya biru, kayaknya sih pepsi blue. Liat deh, warnanya cantik kan, atasnya biru laut, bawahnya kuning orange gitu. Kayaknya mintak banget buat diminum. Setelah diaduk, nanti warnanya berubah jadi biru agak ijo. Rasanya seger banget, semriwing sodanya dapet, asem dari orange juicenya juga keluar. Manis dari minuman sodanya juga pas, gak terlalu dominan. Jadi, si orange juice dan (mungkin) pepsi blue ini bisa berteman akrab dan saling melengkapi di dalam satu gelas nan langsing dan tinggi ini, hehe..

Spicy Fried Noodles (16,9k)

Spicy Fried Noodles 

Liat gambarnya di daftar menu aja udah bikin perut lapar. Alhamdulillah, gak tertipu sama gambar. Porsi mienya lumayan banyak. Mie nya dari mie kuning keriting, entah handmade atau pabrikan. Di dalem mie nya ada jamur kuping, ayam, telur, paprika merah dan paprika hijau. Pelengkapnya ada acar timun dan cabe rawit ijo lalapan. Ada potongan tipis (banget) semangka dan lemon. Mungkin fungsinya sebagai pencuci mulut. 

Dari penampilan, bakmi ini keliatan cantik. Warna merah  dari paprika merahnya nyala, bikin terang si bakmi yang warnanya agak kecoklatan. Ijo dari acar timun dan cabe rawit bikin menu ini jadi seger keliatannya, bukan yang cokelat pucet gitu. Nah, si semangka dan lemon ini jadi garnish yang cantik, plus bisa sebagai pencuci mulut. 

Spicy Fried Noodles nya disajiin nyemek-nyemek, enggak kering. Nyemek-nyemek maksudnya masih ada kuahnya tapi dikiiiiiiitttt banget, dan biasanya kuahnya kentel. Bukan kuah juga sih namanya, jadi mie gorengnya enggak kering tapi agak basah gitu. Rasanya? ENAK!! Rasa asinnya pas, manis kecapnya cukup. Ada rasa asam di situ, mungkin dari saos tiram, atau dari paprikanya. Lama-lama emang rasa manisnya akan kerasa banget. Di sinilah aku mulai ngerti apa fungsi acar timun dan cabe rawit di piring itu. Kalo acar timun dan potongan cabe rawitnya kita makan bareng sama mie nya, rasanya jadi balance. Pedesnya dapet, asamnya dapet, manisnya juga ada. Nah, yang bikin seru ada jamur kupingnya. Jadi ada sensasi kenyal-kenyal pas kita makan..

Coloseum De Roma (19k)

Coloseum De Roma

Sebelumnya aku pernah nyicip pasta di Kongkalingkong, entah namanya apa, rasanya hambar banget. Mungkin karna lagi rame jadi gak sempet dicicip atau gimana, gak ngerti juga. Tapi yang coloseum ini rasanya lumayan enak. Pasta pene dicampur dengan sauce carbonara, sauce bolognese, keju mozarella, terus di panggang. Bisa kebayang gimana melted nya keju mozarella. hmmm, Yummy brayyyy!! Diatasnya masih ditabur keju lagi. Karna aku gak begitu suka dengan tomat, jadi aku suka dengan pasta yang pake sauce carbonara. Tapi walaupun ada susu dan kejunya, tenang kakakkkkk, enggak eneg kok. Jadi kedua jenis sauce ini bisa menyatu, dan jadi enak rasanya. Enggak ada yang dominan. Asinnya pas, sauce bolognese nya enggak asem banget. Seru pas kita ambil pastanya pake sendok dan lelehan kejunya kayak ketarik ke atas, wuihhhhh.... Sedaaappppp!! Cukup murah untuk harga pasta. Tapi sayangnya pas pesen menu ini, datangnya lumayan lamaaakkkk...

Spicy Fried Noodle, Hot Jasmine Tea, 
Ice Longan Tea Soda, Ice Suropati Squash

minuman yang kami pesan

menu yang kami pesan

Oke segini dulu yess cerita-ceritanya. Boleh banget kalo mau nyoba ke Kongkalingkong. Semoga sehat terus, rejeki ada terus, watu ada terus, biar bisa kulineran lagi, dan cerita di blog ini lagi. Dadah Babaiiiiii....

NOTE: Foto diambil dan diedit oleh tika, arsitektur UII ^,^

WASSALAM . . .



0 komentar:

Post a Comment